Isu dan masalah yang telah dikemukakan tadi, bukan lagi hanya dirasakan secara local dan regional di tempat-tempat serta kawasan tertentu, melainkan telah menjadi isu dan masalah global yang telah dirasakan serta disadari oleh masyarakat dunia badan dan lembaga dunia, baik organisasi yang merupakan bagian dari perserikatan bangsa-bangsa (pbb) maupun yang diluar pbb seperti lembaga swadaya masyarakat, telah menaruh perhatian serta kepedulian terhadap masalah-masalah global tersebut.

Swamped with your writing assignments? Take the weight off your shoulder!

Submit your assignment instructions

Merujuk pada definisi isu dan hakikat istilah global, isu global didefinisikan sebagai masalah-masalah yang berkembang di masyarakat sebagai bahan dan sumber untuk ditanggapi dan dikritisi. Namun tidak cukup sampai di situ, permasalahan-permasalahan yang dimaksud memiliki lingkup luas yang mendunia dalam arti ada dalam tatanan masyarakatyang tidak terbatas oleh ruang dan waktu, artinya tidak hanya berada pada satu titik lokasidan dalam waktu tertentu.
Munculnya kajian isu global ini didasari oleh era globalisasi yang menuntut banyak perhatian akademisi karena berhubungan dengan peningkatan sumber daya manusia. Hebatnya globalisasi adalah siapa pun bangsa atau negara yang berpaling dari pandangan global maka akan membuat bangsa atau negara tersebut terisolir.
Siswanto dalam Rahayu, dkk. (2015, hlm. 6) mengemukakan bahwa globalisasi adalah semua bentuk dan proses yang merujuk pada penyatuan seluruh warga dunia menjadi sebuah kelompok global dan lebih jauh merupakan bentuk keterhubungan masyarakat dunia yang meliputi bidang politik, ekonomi, budaya, dan sosial. Beberapa ciri menonjol dari globalisasi seperti yang dikemukakan Rahayu, dkk. (2015, hlm. 7) adalah mengenai perubahan konsep ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, ketergantungan antarnegara dalam perdagangan dunia, peningkatan interaksi kultural melalui media massa yang melewati batas budaya dan batas ruang, serta meningkatnya masalah dan isu bersama,seperti mengenai lingkungan, krisis multidimensional, inflasi regional, dan sebagainya. Dari pernyataan tersebut, dapat teridentifikasi bahwa masalah pendidikan pun menjadi satu masalah atau isu yang menjadi dampak globalisasi.
Manusia sebagai penghuni permukaan bumi, dari waktu ke waktu, baik secara kuantitatif maupun kualitatif selalu meningkat. Peningkatan jumlah penduduk tersebut membawa dampak luas terhadap segala kebutuhan hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhan tadi, manusia mengumpulkan berbagai cara dan alat yang kita kenal sebagai ″teknologi″, yang telah berkembang mulai dari yang paling sederhana sampai pada yang paling maju (teknologi canggih). Perkembangan, kemajuan dan penerapan teknologi untuk melayani kebutuhan hidup. merupakan ciri-ciri peningkatan kualitas kemampuan penduduk sebagai Sumber Daya Manusia (SDM).
Mengenai isu dan masalah global, Merry M. Merryfield (1997: 8) mengemukakan pokok-pokok penduduk dan keluarga berencana (population and family planning), hak rakyat menentukan pemerintahan sendiri (self-determinaton), pembangunan (development), hak asasi manusia (human right), emigrasi, imigrasi dan pengungsian (emigration, immigration, and refuges), kepemilikan bersama secara global (the global cammnos), lingkungan hidup dan sumber daya alam (environment and natural resources), persebaran kemakmuran, teknologi, informasi, sumber daya, jalan masuk ke pasar, kelaparan dan bahan pangan, perdamaian dan keamanan, prasangka dan diskriminasi. Isu dan masalah yang telah dikemukakan tadi, bukan lagi hanya dirasakan secara local dan regional di tempat-tempat serta kawasan tertentu, melainkan telah menjadi isu dan masalah global yang telah dirasakan serta disadari oleh masyarakat dunia badan dan lembaga dunia, baik organisasi yang merupakan bagian dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) maupun yang diluar PBB seperti lembaga swadaya masyarakat, telah menaruh perhatian serta kepedulian terhadap masalah-masalah global tersebut.

Swamped with your writing assignments? Take the weight off your shoulder!

Submit your assignment instructions

Published
Categorized as Other

Leave a comment